CARA PRAKTIS BELAJAR MS.WORD

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007
Bagian 1:
Mengenal Microsoft Office Word 2007
1.1. Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007
Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
Pilih menu All Program atau Program.
Geser pointer ke kanan dan pilih Microsoft Office
Kemudian geser lagi pointer ke kanan dan klik Microsoft Office Word 2007.
Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.
Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 dengan mengklik dua kali shorchut
Microsoft Office Word 2007 yang ada di desktop.
Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
1 2 3 4
5
6 7 8
9 10
13
11 12
Keterangan gambar:
7. Margin atas
1. Tombol Microsof Office
8. Scroll bars
2. Toolbar Quick Access
9. Margin Kiri
3. Title Bar
10. Margin Kanan
4. Tombol Minimize, Restore Down
11. Status Bar
dan Close
12. Tombol View
5. Ribbon
13. Zoom.
6. Ruler
1.2. Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen baru langkah-langkahnya:
Klik Tombol Microsoft Office , lalu klik New.
Maka keluar kotak dialog New Document, Klik Blank and recent, lalu klik Create.
Selain cara di atas kita juga bisa menekan tombol CTRL+N di keyboard, maka dokumen baru
akan ditampilkan di layar.
Oleh: M. Wahyuzi, S.Ag
PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007
1.3. Dasar Pengetikan
Insertion point atau kursor, adalah berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip yang berfungsi
sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks.
Dalam Microsoft Word ada beberapa perintah yang biasa digunakan untuk menggeser insertion
poin, yaitu menekan tombol panah ←, →, ↑, ↓, tombol Ctrl+←, Ctrl+→, tombol Home, End,
Ctrl+Home, Ctrl+End, Page Up, Page Down, tombol Backspace untuk menghapus satu karakter
yang ada di sebelah kiri insertion point, tombol Delete untuk menghapus satu karakter yang ada
di sebelah kanan insertion point dan tombol Enter untuk membuat paragraf baru.
1.4. Menyimpan Dokumen
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen adalah:
Klik Tombol Microsoft Office, lalu klik Save. (atau tekan tombol CTRL+S, atau juga bisa
mengklik icon yang ada di toolbar quick access).
Ketiganya akan menampilkan kotak dialog Save As.
Ketikkan nama file dokumen pada kotak File name
Pada kotak pilihan Save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat
penyimpanan, lalu klik Save.
Untuk penyimpanan selanjutnya pada dokumen yang baru saja di rubah tinggal Klik Tombol
Microsoft Office, lalu klik Save. (atau tekan CTRL + S).
1.5. Menyimpan Dokumen Dengan Nama atau Ke Format Lain.
Secara default, Microsof Word 2007 memiliki ektensi (akhiran) docx. Untuk menyimpan
dokumen dengan nama atau ke format lain caranya:
Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save as. (atau tekan F12 di keyboard). Maka muncul
kotak dialiog Save As.
Pada kotak File name, masukan nama baru (jika namanya ingin dirubah).
Pada kotak pilihan Save as type, klik format file dokumen yang diinginkan, misalnya: Word
97-2003 Document (*.doc).
Pada kotak pilihan save in tentukan folder atau drive tempat penyimpanan kemudian klik
Save.
1.6. Membuka Dokumen
Untuk membuka file dokumen yang telah kita simpan langkah-langkahnya:
Klik Tombol Microsoft Office, lalu klik Open. (tekan CTRL+O di keyboard).
Keduanya akan menampilkan kotak dialog open.
Pada pilihan Look in tentukan folder atau drive yang dijadikan tempat penyimpanan.
Pada Deretan file atau folder yang ada, klik file yang akan dibuka. Jika file terdapat pada
folder, maka folder tersebut harus dibuka dengan cara double klik pada folder tersebut.
Klik Open.
1.7. Menutup Dokumen Pada Microsoft Office Word 2007
Untuk menutup dokumen pada Microsoft Office Word 2007, klik Tombol Microsoft Office
kemudian Klik Close atau tekan CTRL + W di keyboard.
1.8. Mengakhiri Microsoft Office Word 2007
Untuk mengakhiri Microsoft Office Word 2007, klik Tombol Microsoft Office kemudian klik Exit
Word atau tekan tombol ALT + F4 di keyboard, atau dapat juga dengan menekan tombol Close
di sudut kanan atas.
Oleh: M. Wahyuzi, S.Ag
PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007
Bagian 2:
Pengaturan Halaman Kerja dan Dokumen
2.1. Mengatur Batas Tepi Kertas dan Ukuran Kertas
Untuk mengatur batas tepi keliling kertas dan ukuran kertas, caranya:
Klik tab Page Layout pada ribbon.
Klik icon Margins pada grup Page Setup.
Klik Custom Margins, maka muncul kotak Page Setup.
Selain cara di atas juga bisa langsung mengklik
panah yang ada di ujung kanan bawah pada grup
Page Setup.
Tentukan batas tepi kertas atas (Top), batas tepi
kertas bawah (Bottom), batas tepi kertas kiri
(Left), dan batas tepi kertas kanan (Right).
Pilih Orientation sesuai keperluan, apakah
Portrait atau Landscape.
Untuk memilih ukuran kertas klik Paper, kemudian klik kotak pilihan Paper Size
Pilih ukuran kertas yang diinginkan, akhiri dengan mengklik Ok.
Untuk ukuran kertas kuarto pilih dan klik A4 dan ukuran Folio pilih dan klik F4 jika memang ada.
Jika ukuran kertas F4 tidak ada, pilih dan klik A4 kemudian ganti ukuran Height menjadi 33 Cm,
maka ukuran kertas tersebut sama dengan ukuran kertas Folio.
2.2. Menandai Teks
Untuk menandai teks (memblok teks) ada dua cara yang dapat dilakukan
Dengan keyboard, tombol yang sering gunakan antara lain:
Tombol Fungsi
Shift + → / ← Menandai satu karakter ke sebelah kanan/kiri insertion point
Shift + ↓ / ↑ Menandai satu baris ke atas/bawah
Ctrl+Shift+→ / ← Menandai satu kata ke sebelah kanan atau kiri insertion point
Ctrl+Shift+ ↓ / ↑ Menandai sampai ke-awal/akhir paragraph
Ctrl + A Menandai keseluruhan teks pada dukumen
Dengan mouse, caranya:
Tombol Fungsi Menandai
Klik tahan (drag) geser pada teks yang diinginkan Sembarang teks
Klik dua kali pada satu kata yang diinginkan Satu kata
Klik tiga kali pada bagian paragraph yang diinginkan Satu paragraph
Klik di luar garis margin di tepi baris yang diinginkan Satu baris
Oleh: M. Wahyuzi, S.Ag
PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007
2.3. Perataan Paragraph
Untuk meratakan paragraph, klik perataan yang diinginkan yang berada dalam tab Home pada
grup Paragraph:
Align Text Left (Ctrl+L) untuk membuat teks rata di kiri saja.
Align Center (Ctrl+E) untuk membuat teks rata di tengah.
Align Text Right (Ctrl+R) untuk membuat teks rata di kanan saja.
Align Justify (Ctrl+J) untuk membuat teks rata di kiri dan kanan.
2.4. Menentukan Sepasi Baris
Untuk menentukan jarak spasi antar baris, klik icon yang berada dalam tab Home
pada grup Paragraph, pilih dan klik spasi yang diinginkan. Selain itu juga bisa menakan tombol
Ctrl+1 = 1 spasi, Ctrl+2 = 2 spasi, dan Ctrl+5 = 1,5 spasi.
2.5. Mengatur Indentasi
Untuk mengatur indentasi, dapat dilakukan dengan cara menggeser tanda indent yang ada
pada bagian kiri dan kanan ruler (mistar).
First Line Indent Hanging Indent Left Indent Right Indent
Keterangan:
Firt Line Indent berfungsi untuk memasukkan baris pertama pada paragrap.
Hanging Indent berfungsi untuk membuat indentasi gantung, yang dimasukkan adalah baris
lain selain baris pertama.
Left Indent berfungsi untuk memasukkan seluruh baris dari margin kiri.
Right Indent berfungsi untuk untuk memasukkan dari margin kanan.
Contoh penggunaan Indentasi:
Geser
2.6. Efek Pada Teks
Untuk cetak tebal klik Bold atau tekan (Ctrl+B)
Untuk cetak miring klik Italic atau tekan (Ctrl+I)
Untuk cetak bergaris bawah klik Underline atau tekan (Ctrl+B)
Semua icon terdapat dalam tab Home pada grup Font.
2.7. Membuat Footnote
Untuk membuat footnote, langkah-langkahnya:
Letakan pointer (kursor) di mana nomor footnote akan dibuat.
Klik tab References pada ribbon.
Klik icon Insert Footnote pada grup Footnotes, maka secara otomatis nomor
footnote akan muncul secara berurutan dari satu dan seterusnya.
Ketik isi footnte pada di bawah garis footnote pada bagian bawah halaman kerja.
Oleh: M. Wahyuzi, S.Ag
PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007
2.8. Membuat Nomor Halaman
Untuk membuat nomor halaman caranya:
Klik tab Insert pada ribbon.
klik icon Page Number pada grup Header & Footer.
Sorot Top of Page untuk nomor halaman pada bagian atas atau Bottom of Page untuk
nomor halaman pada bagian bawah.
kemudian klik Sample Plain Number yang diinginkan, maka nomor halaman dari nomor 1
dan seterusnya akan muncul pada bagian Header (atas) atau Footer (bawah) dan ribbon
berubah pada tab Header & Footer Tools, Design.
2.9. Mengatur/Merubah Format Nomor Halaman
Untuk mengatur/merubah format nomor halaman, caranya:
Klik tab Insert pada ribbon.
pada grup Header & Footer.
Klik icon Page Number
Klik Format Page Numbers, kemudian pilih Number Format yang diinginkan dan tentukan
Start at-nya, akhiri dengan mengklik Ok.
2.10. Menyisipkan Simbol
Caranya:
Klik tab Insert pada ribbon.
Klik icon Symbol pada grup Symbols.
Jika simbol yang diingikan tidak ada klik More Symbols.
Klik simbol yang diingikan, kemudian klik Insert.
Klik Close untuk kembali ke halaman kerja.
2.11. Menyisipkan Gambar
Caranya:
Klik tab Insert pada ribbon.
Klik icon Picture pada grup Illustrations.
Pada kotak pilihan Look in tentukan folder atau drive yang menjadi tempat penyimpanan
File Gambar.
Klik File Gambar yang diingikan, kemudian klik Insert.
2.12. Menyatukan Gambar dengan Teks
Caranya:
Klik gambar yang ingin disatukan dengan teks, maka di ribbon akan muncul tab Picture
Tolls, Format.
Klik tab Format, kemudian klik icon Text Wrapping pada grup Arrange.
Klik In Front of Text.
2.13. Membuat Header dan Footer
Header dan Footer adalah suatu fasilitas yang dapat digunakan untuk judul perulangan di atas
(Header) atau di bawah (Footer) pada setiap halaman. Caranya:
Klik tab Insert pada ribbon.
Klik icon Header atau Footer pada grup Header & Footer.
Klik lokasi di mana akan dibuat Header atau Footer.
Ketik teks yang ingin ditampilkan pada header atau footer.
Klik Close Header & Footer untuk kembali ke halaman kerja.
Oleh: M. Wahyuzi, S.Ag
PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007
2.14. Merubah Jenis Huruf dan Ukuran Huruf
Untuk merubah jenis huruf, caranya:
Tandai (blok) teks yang ingin dirobah jenis atau ukuran hurufnya.
Klik tanda segitiga pada kotak pilihan jenis huruf (Font) atau ukuran huruf (Font Size) yang
terdapat dalam tab Home pada grup Font.
Pilih dan klik jenis huruf dan ukuran yang diinginkan.
Oleh: M. Wahyuzi, S.Ag

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s